TUGAS 4 PENGANTAR BISNIS
PASAR DAN MANAJEMEN PEMASARAN
Pasar adalah tempat
bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan suatu transaksi. Pasar dapat
terbentuk dimana saja dan kapan saja.Pada saat ini pasar terbagi menjadi dua
yaitu pasar langsung dan pasar yang menggunakan media online. Pemasaran adalah
proses memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Hal tersebut dapat dilakukan
melalui mekanisme pasar yang dapat menghasilkan laba bagi perusahaan.
Seluruh aktivitas
pemasaran harus dikoordinasikan dalam organisasi pemasaran yang rapih. Dalam
melakukan pemasaran diperlukan adanya manajemen pemasaran. Manajemen pemasaran
adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian dari aktivitas
pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. Manajemen pemasaran juga untuk
menghasilkan laba yang memadai bagi peusahaan. Pencapaian tujuan pemasaran
bergantung kepada kemampuan perusahaan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan
keinginan pasar.
Konsep pemasaran
sangat dibutuhkan untuk menjalankan aktivitas pemasaran. Terdapat empat konsep
pemasaran yaitu konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, dan konsep
pemasaran. Konsep produksi adalah konsep yang memiliki keyakinan bahwa konsumen
akan menyukai produk yang murah dan terseria secara luas. Konsep produk
memiliki keyakinan bahwa konsumen akan tertarik untuk membeli produk perusahaan
bila produk tersebut memiliki kualitas yang bagus dibanding produk pesaing.
Konsep penjualan memiliki pandangan konsumen tidak akan membeli produk hingga
perusahaan melakukan aktivitas penjualan dan promosi secara agresif. Dan konsep
pemasaran berpendapat bahwa agar produk dapat diterima konsumen, maka
perusahaan harus mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen. Selanjutnya
perusahaan membuat produk sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen.
Daftar Pustaka
Solihin, Ismail.
2014. Pengantar Bisnis. Jakarta : Penerbit Erlangga
Komentar
Posting Komentar